Sambut Maba, PGMI adakan Safari Jurusan

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) UIN Antasari mengadakan safari jurusan sekaligus workshop karya tulis ilmiah dalam rangka pengenalan jurusan dan pemaparan mengenai cara menulis serta public speaking yang baik kepada mahasiswa baru, Kamis (10/09/2020)

Safari jurusan sekaligus workshop karya tulis ilmiah secara virtual ini pertama kalinya diadakan oleh HMJ PGMI. Acara tersebut berlangsung via Google Meet dan live streaming Youtube HMJ PGMI UIN Antasari. Jumlah peserta yang mengikuti acara sebanyak 110 mahasiswa baru jurusan PGMI. Selain itu, acara tersebut juga dihadiri sekretaris jurusan, pengurus HMJ dan tamu undangan. 

Tema yang diusung pada acara tersebut ialah “Menjadi Mahasiswa PGMI yang Produktif, Aktif dan Berjiwa Kreatif”. Panitia menghadirkan orang-orang yang ahli dibidangnya masing-masing untuk memberikan pemaparan serta motivasi kepada mahasiswa baru. Adapun pemateri pada acara tersebut antara lain: Musyarrafah, S. Pd., M. Pd. I (Dosen UIN Antasari), Arif Rahman Heriansyah, S. Pd. I., M. A (Dosen UIN Antasari), Dra. Raihanatul Jannah, M. Pd (Ketua jurusan PGMI) dan Muhammad Ihsan Hidayatullah (Ketua Umum HMJ PGMI).

Workshop Karya Tulis Ilmiah untuk Mahasiswa Baru Jurusan PGMI

Dra. Raihanatul Jannah, M. Pd selaku ketua jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) menjadi pemateri pertama yang membawakan materi tentang pengenalan jurusan dan sistimatika perkuliahan daring. Adapun materi kedua tentang karya tulis ilmiah dijelaskan oleh Musyaraffah, S. Pd., M. Pd. I selaku dosen UIN Antasari dan pengelola jurnal khazanah. Selanjutnya Arief Rahman Heriansyah, S. Pd. I., M. A selaku dosen UIN Antasari yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang public speaking juga turut mengisi acara tersebut. Materi terakhir tentang peran, fungai dan pengenalan HMJ dibawakan oleh Muhammad Ihsan Hidayatullah selaku ketua umum HMJ PGMI.  

Yulia selaku ketua pelaksana mengatakan acara tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru mengenai dunia perkuliahan. “Tujuan diadakannya acara ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru mengenai hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Berdasarkan pengalaman, kebanyakan dosen memberikan tugas berupa makalah lalu  presentasi. Maka dari itu kami selaku panitia berusaha untuk  memberikan modal awal berupa pelatihan membuat karya tulis ilmiah dan public speaking untuk mahasiswa baru agar kedepannya tak kesulitan lagi,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *