Kopi Darat (Kopdar) Generasi Millenial di UIN Antasari


Maarif Institute bekerjasama dengan UIN Antasari menggelar kegiatan Kopi Darat (Kopdar) dengan tema “Generasi Milineal” menghadirkan teman bincang Rektor UIN Antasari, Prof. Dr. Mujiburrahman, MA sebagai pembicara utama, Dr. Zuly  Qadir (Peneliti Senior Maarif Institute), Mariatul Asiah, MA (Dosen UIN Antasari/Mantan Ketua LK3)  dan Siti Mukhafatin (Duta Indonesia Mileneal Movement  Kalsel) di Aula Zafry Zamzam, Senin, (21/1/2019). Kegiatan ini juga dibarengi dengan penandatangan kerjasama antara UIN Antasari dengan Maarif Institute. Hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Hj. Nida Mufidah, M.Pd dan para peserta yang terdiri dari mahasiswa UIN Antasari, mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dan pelajar-pelajar SMA/MA yang ada di kota Banjarmasin.

Dalam kata sambutan sekaligus membuka acara, Rektor menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi generasi muda di zaman milineal.  Disebutkan Mujib ada istilah generasi mesin tik dan ada generasi elektronik. Di zaman era sebelum elektronik orang banyak masih menggunakan mesin tik tetapi zaman sekarang semua orang menggunakan elektronik. “Dengan adanya smartphone (telepon pintar) perubahan besar  terjadi di dunia. Dunia ini seakan datar karena tidak ada jarak komunikasi dan informasi sangat cepat dan tidak terbayangkan sebelumnya”.

“Orang dulu menyatakan akan terjadi ledakan informasi atau istilah sekarang tsunami informasi, dan ternyata benar-benar terjadi dimana dengan hanya menggunakan sebuah HP informasi dapat dicari melalui google atau medsos lainnya”, jelas Mujib.

Dengan sebuah HP  sekarang  berkembang adanya  layanan Gojek, Gocar, Grab, Tokopedia, Shopee dan banyak lagi yang lain, bahkan ada yang namanya “Ruang Guru” yang mempunyai siswa sekitar 2 jutaan dan 200 orang guru yang bergabung disana.  Ini tidak pernah terbayangkan sebelumnya, lanjut Mujib. Dimana-mana orang memegang HP, bahkan hampir separuh waktunya dihabiskan dengan memainkan dan menggunakannya dengan membuka Facebook, Instagram, WA, dan medsos lainnya.

Sementara itu Direktur Maarif Institute Muhammad Abdul Darraz, MA  menyatakan bahwa kegiatan Kopdar Generasi Milineal yang diselenggarakan di Banjarmasin  merupakan kali yang ke 5 setelah UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Abdul Darraz juga mengharapkan dengan acara ini akan timbul dikalangan generasi muda kesadaran bersama menjaga keutuhan NKRI dalam kebhinekaan karena tanggung jawab ini ada pada generasi muda. (jun/humas)