SPAN-UM PTKIN 2019 Usung Tema “Gerbang Masa Depan Insan Paripurna”

“PTKIN harus melakukan refleksi, instrospeksi dan evaluasi diri dalam meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru Tahun 2019. PTKIN harus proaktif jemput bola melihat calon mahasiswa yang potensial, yang memiliki  talenta baik dalam bidang akademik dan non akademik. Jika inputnya baik, maka outputnya juga akan  baik”. Hal itu disampaikan Menag Lukman Hakim Syaifuddin saat secara resmi meluncurkan Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-UM PTKIN) Tahun 2019 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta Pusat.

Dalam Peluncuran SPAN-UM PTKIN 2019 yang mengusung tema “Gerbang Masa Depan Insan Paripurna,” dan Tag Line “Ayo Kuliah di PTKIN itu, Lukman Hakim Saifuddin menyampaikan bahwa panitia SPAN harus membentuk tim kajian dari proses yang akan dan telah dilakukan.

“Kaji data-datanya, kenaikan angka pendaftar harus diimbangi rasio jumlah madrasah-madrasah, sekolah umum, jumlah lulusan dan seterusnya. Sehingga kita miliki angka yang akurat dan bisa mendapatkan kesimpulan tentang animo ketertarikan mendaftar di PTKIN”, tegasnya

Selanjutnya Menag juga menyampaikan perlunya untuk menelusuri program-program studi pilihan yang diminati. “Agama semakin memiliki urgensi yang tinggi. Mestinya prodi-prodi keagamaan juga semakin diminati”,ungkapnya.

Proses pendaftran SPAN-PTKIN 2019 akan dimulai pada tanggal 23 Januari sd 28 februari 2019. Sementara untuk pendaftaran UM-PTKIN dimulai tanggal 2 s.d 30 April 2019. Ketentuan pendaftaran SPAN-UM PTKIN itu ebih lanjut dapat diakses pada website resmi, yaitu www.span-ptkin.ac.id dan www.um-ptkin.ac.id